0812-9055-7176 / 0878-8585-7581

Pintu Rolling Door

Selaku produses / pembuat dari pintu rolling door kami berterima kasih ke banyak client yang telah membuat pintu rolling door / pintu folding gate ke KarimSteel. Kali ini agar awet maka kami sertakan cara merawat rolling door agar awet. Sebagai perusahaan pembuat dan  jasa service rolling door / folding gate terbaik dan terpercaya, kami dari  KarimSteel tetap percaya bahwa mencegah lebih baik dari pada memperbaiki.

Sebelumnya kami baru pemasangan untuk pintu rolling door di beberapa pasar dan klien sbb:

Oleh karena itu kami senantiasa berusaha memberikan edukasi melalui informasi dan tips pada masyarakat khususnya pengguna jenis pintu ini agar mereka dapat melakukan perawatan yang sepantasnya demi meminimalisir terjadinya kendala yang mungkin terjadi atau mendeteksi sedari dini “penyakit” pada rolling door atau folding gate agar bisa lebih cepat diperbaiki sebelum merusak komponen lainnya.

Di balik kemudahan dan kepraktisan dalam pengoperasiannya, rolling door memiliki anatomi yang cukup rumit. Ada beberapa komponen dan parts penting yang harus tetap bekerja dengan baik membuat rolling door dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Part dasar yang terdapat pada pintu  rolling door yaitu: 

http://karimsteel.com

Pilar samping yaitu tiang yang berada di sisi kiri – kanan dan berfungsi sebagai guide rail yakni untk penahan serta rel untuk jalan saat pintu dioperasikan digulung atau diulur.

Pipa as yang merupakan besi kokoh yang menjadi tumpuan berat beban, bagian ini umumnya terintegrasi dengan box rolling yang menjadi pengendali mekanikal dari jenis pintu gulung ini, di dalam boks tersebut tedapat komponen seperti per atau spring, roda gulung (pully), side bracket dan tutup boks agar pintu rolling door anda terlihat lebih rapi dan memiliki nilai estetika.

Slat daun, inilah bagian besar dan lebar yang menjadi daun pintu dari rolling door, model dari rolling door bisa dibedakan dari part ini seperti telah dijabarkan diatas.

Sedangkan untuk jenis rolling door elektrik terdapat part tambahan yakni gear motor yaitu motor penggerak, chain atau rantal serta push button, bagian ini mungkin paling menyenangkan karena hanya dengan menekan satu tombol maka pintu akan naik atau turun secara otomatis.

Deteksi Masalah Pintu Rolling Door

Baiklah setelah kita berjalan – jalan mengenal bagian – bagian dasar dari rolling door, apakah anda sudah bisa membayangkan kerusakan atau kendala apa saja yang mungkin bisa terjadi? Belum? Baiklah akan kami share beberapa keluhan atau kerusakan pada rolling door yang umum terjadi.

Rolling door tidak membuka – menutup secara penuh atau hanya membuka sebagian, bila ini yang terjadi maka biasanya kami harus membuka box guna memeriksa gulungan slat pintu.

Slat daun miring sebelah, hal ini bisa disebabkan karena ada bagian per yang sudah lemah atau dapat juga disebabkan part bully telah rusak.

Lalu bagaimana bila rolling door malah benar – benar macet dan tidak bisa membuka atau menutup sama sekali, pertama coba periksa pada bagian bully dan spring tadi, apakah ada yang menyebabkan kedua bagian tersebut tidak bekerja atau justru memang sudah rusak sama sekali.

Lalu bagaimana kalau memang bagian tersebut rusak total, bagaimana anda bisa menutup toko / kantor atau membukanya pada keesokan hari?

Tak perlu khawatir berlebihan seperti itu, ini ada sebuah sebuah tips sederhana dan paling masuk akal untuk dikerjakan, silahkan lihat halaman kontak kami, klik pada nomor telepon yang disediakan atau hubungi nomor telepon yang tertera di sana dan team RAG Service akan datang untuk menyelesaikan permasalahan anda.
Nah kembali pada judul artikel ini, tips merawat rolling door agar awet dan tahan lama.

Yang pertama tentu adalah cara penggunaanya, usahakan anda membuka dan menutup pintu guling anda tersebut secara benar yakni buka atau tutuplah dari tengah, jangan dari samping kanan aytau kiri karena hal itu sangat mungkin membuat slat daun menjadi miring dan berpotensi mengakibatkan stopper tersangkut.

Jangan membuka atau menutup rolling door anda dengan dibanting atau dilepas, hentakan secara tiba – tiba bisa membuat komponen per, roda atau pulley serta pipa as menjadi cepat rusak.

Tips perawatan rolling door yang bisa anda lakukan adalah coba sesekali memeriksa bagian rel pintu anda, apakah masih lancar atau sudah mulai macet. Lihat apa ada kotoran yang menempel dan tidak ada salahnya pula bila sesekali coba diolesi dengan pelumas atau gemuk lalu naik turunkan perlahan.

Rolling door tentu memiliki batasan atau umur dengan rentang waktu tertentu, namun demikian dengan pemakaian yang benar serta perawatan yang tepat, anda bisa memperpajang usia pintu gulir anda, mengingat fungsinya yang sangat vital, rolling door layak mendapat perlakuan yang sepantasnya.

Bila anda membutuhkan bantuan untuk perbaikan rolling door pada garasi rumah, kantor / toko, kios, jangan ragu hubungi kami di nomor telepon ini